Communication

Strategi Mayora Tembus Pasar Rusia

download live game
Sumber: AsiaPR

Berhasil menjadi pemimpin pasar di sektor kopi instan di Rusia, Mayora mencatat prestasi besar sebagai merek Indonesia nomor satu yang berhasil menguasai pasar internasional dengan produk asli Indonesia. Hal ini ditandai dengan telah terkirimnya 1.000 kontainer produk Torabika Cappucino ke Rusia pada 2018 lalu.

Andre Atmaja, selaku Presiden Direktur Mayora Group mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari peran Rusia yang dianggap sebagai pasar yang potensial.

“Rusia merupakan pasar yang potensial untuk Mayora karena  merupakan salah satu negara yang memiliki populasi penduduk yang tinggi dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik. Rusia juga memiliki tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya,”jelas Andre.

Terlepas dari faktor yang datang dari negara tujuan ekspor, Mayora juga membagikan kiat kunci sukses untuk menembus pasar Rusia. Kiat-kiat inilah yang kemudian menjadi faktor utama produk Torabika Cappucino dapat diterima di pasar Rusia dan bersaing dengan produk lokal.

Hartono Gunawan selaku International Group Country Head Mayora Group mengungkapkan bahwa ada lima faktor kesuksesan Mayora di Rusia.

“Kami memiliki kunci sukses sampai bisa menjadi pemimpin pasar di sektor kopi instan di Rusia. Pertama, kami melakukan riset untuk mengetahui kebiasaan konsumen di Rusia,” ungkapnya.

Riset konsumen ini dimaksudkan untuk mengetahui seperti apa selera kopi orang Rusia. Riset ini juga dilakukan untuk mengetahui kebiasaan meminum kopi orang rusia. Menurut Hartono, kedua poin ini sangat penting untuk menentukan rasa dan menyesuaikan rasa agar cocok di lidah orang Rusia.

Kiat yang kedua adalah riset mengenai kompetitor. Kompetitor dapat menjadi penghalang yang besar dalam memasuki pasar baru karena sifatnya sebagai pemain lama. Kekuatan kompetitor ini juga bisa menjadi tolak ukur untuk memproduksi produk yang lebih superior sehingga dapat menjadi winning brand.

“Disamping melakukan promosi lewat iklan televisi, billboard, dan YouTube, kami juga melakukan sampling di beberapa kota untuk menunjukkan bahwa Torabika Cappucino memiliki rasa yang enak. Lewat sampling ini juga kami berusaha untuk menunjukkan betapa nikmatnya Torabika Cappucino pada masyarakat Rusia,” lanjut Hartono.

Kunci sukses keempat dan kelima adalah dukungan pemerintah dan melakukan partnership yang baik dengan pihak negara importir. Menurut Hartono, pemerintah lewat Kementerian Perdagangan banyak membantu Mayora untuk memasarkan produknya di Rusia dan negara lainnya. Lewat berbagai program festival produk Indonesia di berbagai negara, Torabika Cappucino dapat diketahui oleh pasar internasional.

Sementara itu, Hartono mengungkapkan bahwa perlunya hubungan partnership yang melibatkan orang-orang lokal Rusia. Hal ini digunakan untuk melihat pasar secara lebih luas. Dengan membangun hubungan yang baik, Mayora juga membangun kepercayaan masyarakat Rusia terhadap produk Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top