Technology

Permainan Daring Dominasi Trafik Operator 3 di Akhir Tahun

download live game
Photo Credits: 123rf

Operator telekomunikasi menjadi salah satu pemain bisnis yang kebanjiran untung di akhir tahun. Operator 3 (Tri) merupakan salah satu operator yang mengakui hal ini. Mereka mengaku mengalami lonjakan trafik hingga 90% yang didominasi oleh aktivitas permainan daring (online games).

Ada lebih dari satu juta pengguna 3 yang memainkan permainan daring selama musim liburan. Jumlah ini diikuti layanan penggunaan navigasi yang juga melonjak hingga 85%.

“Anak muda Indonesia menikmati liburan melalui perjalanan darat dan menggunakan navigasi dalam perjalanan tersebut. Selama perjalanan itu, mayoritas pengguna melakukan streaming video melalui ponsel. Trafik video streaming pun meningkat hingga 40% dibandingkan hari biasa,” rilis 3 dalam keterangan pers, Sabtu (05/01/2019).

Guna mengantisipasi lonjakan trafik, Chief Technology Officer of 3 Indonesia Desmond Cheung mengatakan mereka telah memperluas jaringan di lebih dari tujuh ribu BTS berteknologi 4.5G, 4G LTE, dan fiber optic berjaringan nasional sepanjang musim liburan.

“Sejumlah mobile BTS telah kami kerahkan di titik-titik tujuan wisata, pusat keramaian, dan sejumlah rute perjalanan darat antarkota  di Pulau Jawa. Secara keseluruhan terjadi lonjakan trafik data sebesar 65% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu,” jelas Desmond.

Jika dilihat dari area, peningkatan trafik tertinggi terjadi di Kediri, Sukabumi, Cianjurm Makassar, Yogyakarta, Solo, dan Bali.

Peningkatan trafik tertinggi terjadi di Cianjur, Sukabumi, Kediri, Gorontalo dan Makassar, serta kota kunjungan wisata, seperti  Yogyakarta, Solo, dan Bali.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top