Communication

Indonesia Jadi Negara Kedua di Asia dengan Durasi Puasa Tersingkat

download live game

Bulan Ramadan merupakan bulan di mana seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa memang dilakukan secara serentak di tanggal yang telah ditetapkan. Pun begitu, durasi berpuasa tiap negara tidak serentak alias berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi durasi berpuasa di setiap daerah di bumi.

Di samping itu semua, umat Islam di Indonesia bisa dikatakan cukup beruntung. Pasalnya Ramadan 2019 ini, Indonesia menjadi negara dengan durasi puasa tersingkat ke-2 di Asia dan ke-33 di dunia. Berdasarkan data yang dirilis CupoNation, umat Islam di Indonesia hanya berpuasa selama 13 jam 23 menit di hari pertama dan 13 jam 21 menit di hari terakhir.

“Durasi puasa di Indonesia tahun ini adalah 13 jam 23 menit di hari pertama dan 13 jam 21 menit di hari terakhir. Indonesia menduduki peringkat ke-2 sebagai negara dengan durasi puasa terpendek se-Asia dan peringkat ke-33 di dunia,” ujar Public Relation CupoNation Olivia Adinda dalam keterangan persnya.

Sementara di region Asia sendiri waktu berpuasa tercepat ditorehkan oleh Timor Leste dengan durasi berpuasa selama 13 jam 9 menit di hari pertama dan 13 jam 4 menit di hari terakhir. Di bawah Indonesia terdapat Maladewa dengan catatan waktu berpuasa selama 13 jam 39 menit pada hari pertama dan 13 jam 46 menit di hari terakhir. Peringkat keempat dan seterusnya diisi oleh Singapura, Malaysia, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Thailand, Yaman, Laos, Myanmar, Vietnam dan Bangladesh di urutan ke-15.

Untuk dunia, Indonesia bertengger di posisi ke-33 negara dengan waktu puasa tercepat. Di urutan pertama diisi oleh Selandia Baru dengan waktu 11 jam 54 menit di hari pertama dan 11 jam 10 menit pada hari terakhir. Sedangkan di posisi ke-30 terdapat Republik Demokratik Kongo dengan catatan durasi puasa selama 13 jam 21 menit pada hari pertama dan 13 jam 20 menit pada hari terakhir.

Namun tak semua umat Islam memiliki keberuntungan yang sama dengan umat Islam di Indonesia. Pasalnya dari data yang ditampilkan CupoNation terdapat daftar 30 negara dengan durasi puasa terlama di dunia. Urutan pertama berdasarkan waktu tercepat diisi oleh Greenland dengan durasi selama 19 jam 35 menit di hari pertama dan 21 jam 42 menit di hari terakhir. Sementara di posisi terakhir terdapat Kroasia dengan durasi selama 16 jam 50 menit di hari pertama dan 18 jam 18 menit di hari terakhir.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top