Consumer Goods

Cara Industri Kecantikan Korea Selatan Rebut Hati Gen Z

download live game
Sumber: 123rf

Jumlah perusahaan perawatan wajah dan kosmetik yang memanfaatkan big data dan artificial intelligence (AI) untuk strategi marketing di Korea Selatan semakin meningkat. Penggunaan teknologi itu sendiri dilakukan untuk menarik Gen Z. Hal tersebut terlihat dari riset yang dilakukan oleh Kementerian Industri Korea Selatan.

Industri kecantikan banyak berkonsentrasi pada layanan yang bisa menyesuaikan pelanggan. Salah satunya adalah serum. Itu artinya dikhususkan untuk jenis kulit tertentu.

Innisfree bahkan bekerja sama dengan tim riset yang dipimpin oleh profesor dari Departemen Rekayasa Listrik KAIST Kim Dae-shik. Kerja sama tersebut dilakukan untuk menganalisis basis data konsumen dan menawarkan layanan yang dapat dipersonalisasi berdasarkan satu juta ulasan produk online. Data-data itu dikumpulkan dari Januari sampai Desember 2018.

Kim dan tim risetnya mengembangkan mesin untuk mempelajari algoritma. Mesin tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengategorikan baik atau buruknya sebuah produk berdasarkan feedback  dari konsumen serta tipe kulitnya. Tim ini juga mengonstruksikan catatan positif dan negatif dari bahan-bahan di setiap produk.

Pihak Innisfree mengungkapkan bahwa mereka ingin menawarkan rekomendasi produk perawatan wajah dengan menyesuaikan beberapa aspek. Pertama, produk seperti apa yang sering digunakan oleh konsumen. Dan berikutnya, memperkenalkan produk-produk baru yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Karena itu, perusahaan berharap, penggunaan big data dapat membantu mereka memahami kebiasaan konsumen. Lalu, membantu mereka untuk menyediakan produk yang sesuai. Membuat pelanggan dengan mudah memilih produknya sendiri.

“Kami terus berusaha mengejar inovasi digital dengan menganalisis kebutuhan dari milenial dan Gen Z. Mereka merupakan para konsumen yang akrab dengan perangkat digital, toko-toko pop-up, dan mesin pembelian kosmetik. Inovasi bisnis kami melalui digitalisasi dapat menjadi cara kami untuk terus eksis dalam industri ritel yang kompetitif,” ujar perwakilan Innisfree.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top