Technology

Akuisisi VaaS, Motorola Solution Kembangkan Bisnis Pemindai Kendaraan

download live game
Gambar: AiThority

Motorola Solutions, Inc. (NYSE: MSI) baru saja mengumumkan strategi akuisisi mereka
terhadap VaaS International Holdings, Inc., (VaaS). Motorola Solutions mengakuisisi perusahaan yang berbasis di Livermore, California dan Fort Worth, Texas ini dengan melakukan pembayaran sebesar US$ 445 juta dalam bentuk uang tunai dan ekuitas.

VaaS atau “video analysis as a service”, adalah perusahaan global penyedia analisis data dan gambar untuk lokasi kendaraan. Platform pengambilan gambar dan analisis yang dimiliki perusahaan ini, meliputi kamera pembaca plat nomor tetap dan bergerak yang dijalankan oleh machine learning dan artificial intelligence (AI). Dengan itu, data lokasi kendaraan bisa diketahui untuk keselamatan umum dan pelanggan komersial. Pendapatan perusahaan ini pada tahun 2019 diperkirakan sekitar U$ 100 juta.

“Akuisisi ini memperluas kemampuan data dan analitik Motorola Solutions, melengkapi perangkat lunak dan analitik keselamatan publik kami serta platform video dan analitik Avigilon,” kata Greg Brown, Chairman and CEO, Motorola Solutions dalam siaran resminya.

Menurutnya, VaaS akan meningkatkan portofolio perangkat lunak Motorola Solutions dengan kemampuan untuk mendapatkan informasi lokasi kendaraan. Informasi ini bisa membantu responden pertama (seperti petugas medis) untuk merespon kondisi darurat dengan lebih cepat, meningkatkan kecepatan dan akurasi investigasi dalam rangka menciptakan kota yang lebih aman.

Platform VaaS juga memungkinkan berbagi data (data-sharing) yang dapat dikendalikan dan diaudit oleh berbagai lembaga penegak hukum. Informasi lokasi kendaraan dapat membantu mempercepat waktu penyelesaian dan meningkatkan kemampuan badan-badan keselamatan publik dalam menyelesaikan masalah dan memperbaiki hasilnya. Terutama bila digabungkan dengan catatan polisi. Misalnya, penegak hukum yang telah menggunakan solusi VaaS untuk menangkap pelaku kejahatan berbahaya dan menemukan orang hilang dengan cepat.

Bagi VaaS, Akuisisi ini memungkinkan mereka untuk melakukan ekspansi secara global. “Kami percaya komersialisasi aplikasi baru ini dapat dipercepat di bawah merek dan jangkauan Motorola Solutions, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan dan mendiversifikasi bisnis komersial kami,” jelas Shawn Smith, salah satu pendiri VaaS dan presiden Vigilant Solutions.

VaaS pun akan menjadi bagian dari Motorola Solution’s Software Enterprise, sebagai tim yang bertanggung jawab dibalik pembuatan rangkaian perangkat lunak keselamatan publik yang terintegrasi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top